Skip to content
peta harga tanah jakarta barat_20130517

Penilaian

Penilaian atau biasa juga dikenal sebagai appraisal atau valuation atas aset, baik berupa tanah bangunan (real property) maupun personal property, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses transaksional antara pihak-pihak yang bertransaksi di dunia yang semakin berdasarkan pasar/market ini.  Penilaian kami digunakan dalam proses penjaminan kredit ke bank, transaksi jual beli, joint venture, pembagian harta warisan, dll.

Kebutuhan Data

Untuk melakukan penilaian properti tanah dan bangunan sederhana yang lengkap, dibutuhkan data-data pendukung sebagai berikut:

  1. Copy sertifikat tanah atau bukti kepemilikan yang sah.
  2. Copy Ijin Mendirikan Bangunan atau IMB.
  3. Copy SPPT-PBB.
  4. Copy denah bangunan (jika ada).

Inspeksi Lapangan

Setelah mendapatkan data, maka penilai akan melakukan inspeksi ke lokasi properti Anda untuk mencocokkan antara data dengan lapangan dan mengumpulkan data-data umum dan khusus terkait dengan properti yang sedang dinilai.

Waktu Pengerjaan

Waktu pengerjaan sebuah laporan penilaian biasanya memakan waktu kurang lebih tiga hari kerja.  Anda bisa mengharapkan laporan Anda keluar di minggu yang sama jika inspeksi dilakukan hari Senin.

Masa Berlaku Laporan Penilaian

Laporan penilaian biasanya berlaku selama tidak ada perubahan drastis pada kondisi ekonomi dan keseimbangan permintaan dan penawaran di daerah tersebut.  Biasanya diambil jangka waktu enam bulan dari tanggal penilaian, penilaian tersebut masih bisa dipercaya.

Standar Biaya

Biaya penilaian sangat tergantung kepada tingkat kesulitan untuk menilai properti yang bersangkutan, dan juga bergantung kepada luasannya.  Tanyakan kepada kami untuk standar biaya yang kompetitif untuk jasa penilaian yang Anda butuhkan.  Hubungi (021) 529 20416 atau email ke contact(at)penilai.co.id untuk informasi lebih lanjut.